Kamis, 04 Oktober 2012

tugas essay ekonomi kelas x


Pertanyaan :
1. Kebutuhan anda sebagai siswa! 
2. Bagaimana ilmu Ekonomi mengatur agar semua kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas!
3. Ceritakan sebuah kisah tentang biaya peluang yang pernah Anda alami selama ini !
4. Menurut Anda, Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi apa? Berikan penjelasan !
Jawab
1.    Kebutuhan saya sebagai siswa,yaitu :
·       Tas sekolah
·       Peralatan sekolah / seragam sekolah ( alat tulis , pensil pulpen dll yang di perlukan di sekolah )
·       Sepatu untuk alas kaki
·       Uang saku buat jajan dikantin
·       Buku pelajaran untuk belajar dan mendapatkan ilmu
.       Kendaraan transportsi untuk sekolah
.       botol minum
2.   Cara mengatur agar kebutuhan yang tidak terbatas bisa dipenuhi dengan sumber daya yang terbatas :
·      Memanfaatkan sumber daya alam dengan menciptakan suatu barang baru yang memiliki nilai kegunaan yang tinggi sesuai kebutuhan masyarakat.
·      Menggunakan barang pengganti atau yang biasa disebut barang substitusi.
3.   seketika saya mempunyai 2 pilihan setiap hari kamis saya memilih antar les di kumon dan futsal di sekolahan setiap sore saya berfikir berfikir berfikir akhirnya saya memutuskan untuk kumon
biaya peluang saya adalah saya lebih memilih mengiuti kumon dari pada futsal karena kumon bagi saya lebih penting ilmu matematikanya untuk kedepannya dan menggapai sebuah impian di kemudian harinya , dan bukan itu juga saya kan sudah di bayar kan oleh orang tua saya jadi saya tidak mau membuang biaya itu sia sia
4.   Menurut saya,Indonesia lebih tepat menganut sistem ekonomi campuran.Karena sistem ekonomi tersebut memiliki kebebasan untuk berusaha,lebih mementingkan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi dan memiliki hak individu sumber produksi walaupun ada batasnya.
MUHAMMAD ZUHDI NURFAUZAN
X.A
maaf bu jika saya mengumpulkan tugasnya telat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar